Indonesia Digital Camera Community  
Home | Review | Forum | Berita&Info | Artikel | Contact Us  

"Maaf Ada Maintenance, jadi Situs ini Mungkin Belum Jalan Sempurna"

Kamera-Digital.com Artikel Artikel Menu : Artikel Home | Top 10
 
Kategori Menu :
- Forum
- Artikel
- Review
 
Google
Web
kamera-digital.com
 

Advice dari para fotografer (digital) sangat diperlukan untuk membantu komunitas ini.

 

Info Komunitas


Jumlah Total Message
188367
Jumlah Total Topic
26707
Jumlah Total Anggota
18188
Join Komunitas
 
 
 Artikel


FOTOGRAFI DI INTERNET    
Kamera-Digital.com (Natnit)

FOTOGRAFI yang kita kenal sekarang ini mempunyai sejarah perjalanan yang sangat panjang. Bermula pada abad 12 SM dari keheranan seorang pedagang Arab - Ibnu al Haitam - yang menyaksikan gambar unta terbalik di dalam kemahnya melalui sebuah lubang kecil. Penemuan mana kemudian dilanjutkan dan dikembangkan oleh seorang pelukis terkenal Leo Nardi da Vinci melalui ciptaannya yang dinamakan kamera Obscura. Pelukis di jaman itu menggunakan kamera obscura untuk membuat silhuet dari model-modelnya. Maklum, film belum dikenal manusia pada masa itu.

Hingga akhirnya orang mulai mengenal bahan peka cahaya yang dioleskan pada pelat tembaga yang disinari untuk menimbulkan image (gambar). Dan seterusnya hingga ditemukannya bahan film pada awal abad 20 dengan perkembangannya yang kita kenal hingga saat ini. Tercatat nama-nama Daguere, Niepce, Henry Fox Talbot dan George Eastman sebagai pelopor dalam penemuan dan pengembangan teknologi film.

Sementara itu perkembangan teknologi kamera sebagai kotak penerus cahaya berjalan seiring dengan perkembangan teknologi kimia peka cahaya sebagai bahan dasar membuat emulsi film. Salah seorang pembuat kamera yang sangat terkenal adalah Ernst Leitz dari Wetzlar (Jerman) yang menciptakan kamera berukuran 135 mm pertama pada tahun 1920 yang tetap bertahan hingga saat ini.

Selanjutnya dengan berkembangnya teknologi arus lemah di era 70an, kamera yang semua "full mechanic" berangsur menjadi "full electronic". Semua penghitungan pencahayaan hingga penggulungan film berlangsung secara elektronik. Segala sesuatu menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih pasti mutu hasilnya.

Tetapi sementara itu dari sisi yang lain muncul sebuah teknologi baru yang dikenal dengan nama digital. Teknologi digital kemudian berkembang dengan sangat cepat melahap semua segmen teknologi yang ada dalam kehidupan manusia modern - termasuk bidang fotografi.

Secara revolusioner, bahan peka cahaya yang semula berupa unsur-unsur kimia dalam bentuk film itu kini peranannya diambil alih oleh sel-sel peka cahaya yang meneruskan citra digital yang dihasilkan oleh permukaannya ke dalam sebuah memory penyimpanan digital yang setiap diinginkan siap menampilkan image yang disimpannya, melalui sebuah layar monitor - yang terdapat pada setiap kamera digital.

Sebuah ancaman yang sangat serius untuk kamera-kamera konvensional yang menjadi terasa sangat kuno. Terutama bagi fotografer generasi muda.

Pembuatan gambar kini tidak tergantung pada film lagi. Demikian juga hasilnya yang "instant" sangat mengancam kehadiran film dan kelangsungan lab-lab foto tradisional yang ada. Sebagai gantinya, muncul lab digital yang lebih canggih dan akrab lingkungan karena bebas bahan kimia. Lebih dari itu teknologi digital selain mempermudah proses penyimpanan gambar, turut pula mempercepat pengiriman image dari satu tempat ke tempat lainnya hanya melalui sebuah telpon genggam yang dioperasikan dari sebuah tempat yang jauh dari kehidupan modern, berkat jasa satelit telekomunikasi yang mampu menghubungkan semua bagian dunia ini dengan memanfaatkan Teknologi Informasi di dalamnya yang populer dengan nama Internet.

Dunia Internet yang kita kenal dengan nama dunia virtual atau maya berjalan paralel dengan dunia nyata. Kita dapat menemukan di dalamnya berbagai kegiatan maya dalam bentuk yang kita kenal dengan istilah populer situs di Internet.

Tetapi kembali kepada kamera digital, benarkah teknologi yang baru memulai kiprahnya itu akan dapat melahir generasi kamera digital untuk jangka panjang? Sangat sulilt menjawabnya.

Beberapa waktu lalu seolah muncul dari tempat yang sangat tidak terduga, lahirlah film elektronik yang justru mengancam kelangsungan kamera digital. Bentuk fisiknya sama dengan film biasa, hanya lidah filmnya "kaku" tidak dapat digulung, terbuat dari chip yang peka cahaya. Memakainya? Cukup dipasang seperti biasa pada rumah film kamera Anda. Coba klik di www.siliconfilm.com.

 

 
 (View: 13214 | Refer: 7 | Print: 2014 | Rate: 6.00 / 1 votes | Comment: 0)
 
Printer friendly version Cetak  | Give Rate Rate  | Comment Komentar  |

Next:
RETOUCH IMAGE DIGITAL - Untuk Keperluan Cetak 
TIPS Pengguna Pocket-Consumer Digicam - Mencegah Under Exposure 
Tips Membeli Kamera Digital 
Tips Menggunakan Pelindung Kedap Air 
Tips Memilih Kamera Digital 

Previous:
Setiap Gambar Mempunyai Cerita Tersendiri
Digital Imaging Tips
ISO Digital Kamera
Fotografi Digital
Sensor CCD dan CMOS

 Artikel Terbaru
Tips Memilih Kamera DigitalArtikel
 Kategori Artikel
Artikel (16)
News (0)
 Useful Information
Diskusi Umum PhotographyFotografi Digital (Artikel)
Tempat Jual Beli & PromosiFotografi Digital (Artikel)
Berbagi Foto & GaleryFotografi Digital (Artikel)

  Cuplikan Berita&Info  
   More Berita&Info.......     

Flash Info
Lensa apa yg cocok untuk kamera saya?
Memiliki kamera pasti berhubungan langsung dengan LENSA. Berikut informasi menarik ......(more) (di reply : 0)
Apa Fungsi VR pada Kamera Nikon D3100 ?
Penjelasan secara singkat bagaimana cara kerja VR pada kamera Nikon (di reply : 1)
More Flash Info.....
  Terakhir di Review 


Canon EOS 1200D / Rebel T5
 


Canon EOS 6D
 
More :
 Sony DSC-V3
 Pentax K200D
 Sony Alpha A-380 (Rating:5.00)
 Sony DSC-N1
Untuk Review lainnya : http://review.kamera-digital.com

Anda punya artikel kamera digital yang ingin ditampilkan di halaman ini?
Mohon kirimkan melalui email : artikel@kamera-digital.com
Terima kasih atas partisipasi artikel anda untuk kita semua.

Link: Daftar Harga Terbaru dan Update Kamera Digital di Indonesia

Komunitas ini Independent dan tidak berhubungan dengan merek, toko atau perusahaan tertentu.
Informasi yang berasal dari web lain adalah hak cipta web tersebut.


Copyright 2003, kamera-digital.com

Powered by: PHP, MySQL, & WMNews. This Website is Copyright 2003-2004 by Kamera-Digital.com
I n d o n e s i a